Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Belajar, adalah sebuah kata yang sering didengar oleh masyarakat kita, setiap hari mungkin didengar oleh sebagian orang, terutama orang-orang dilingkungan pendidikan, lalu apa pengertian atau definisi dari kata "belajar" itu sendiri, berikut definisi belajar menurut beberapa ahli :

Ahli Dari Luar Negeri

Winkel: Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

Ernest R. Hilgard: Sumardi Suryabrata, (1984:252) menuliskan pendapat Ernest R. Hilgard Belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

Gagne: gagne menulis definisi belajar dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, yakni belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.

Skiner: Belajar adalah suatu perilaku pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik.

Piaget: Belajar adalah proses untuk memperoleh pengetahuan. Menurut Piaget pengetahuan diperoleh individu. Individu melakukan interaksi terus-menerus dengan lingkungan. Denganadanya interaksi dengan lingkungan maka fungsi intelek semakin berkembang.

Rogers: Mengungkapkan beberapa perinsip pendidikan

1.Menjadi manusia berarti memiliki kekuatan yang wajar untuk belajar.

2.Siswa tidak harus belajar tentang hal-hal yang tidak ada artinya.

3.Siswa akan mempelajari hal-hal yang bermakna bagi dirinya.

4.Pengorganisasian bahan pelajaran berarti mengorganisasikan bahan dan ide baru sebagai bagian yang bermakna bagi siswa.

5.Pengorganisasian bahan pengajaran berarti mengorganisasikan

bahan dan ide baru sebagai bagian yang yang bermakna bagi siswa.

6.Belajar yang bermakna dalam masyarakat modern berarti belajar tentang proses proses belajar.

Bruner :  

Belajar dapat dilakukan dengan 3 macam cara yaitu:

Enactive : belajar dengan melakukan, artinya bahwa ada type belajar dari siswa yang lebih mudah menangkap materi jika ia belajar dengan melakukan secara langsung.

Iconic : belajar dengan melihat, artinya bahwa ada type belajar dari siswa yang lebih mudah belajar denganmelihat secara langsung apa yang ia pelajari.

Symbolic : belajar dengan mengenal symbol-symbol, ini merupakan type belajar dimana anak akan mudah mempelajari sesuatu dengan ditunjukan formula-formula symbol atau kata-kata.

Cronchbech 

Menjelaskan bahwa belajar merupakan kegiatan yang ditunjukkan oleh perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.

Howard L. Kingkey 

Belajar adalah proses dimana perilaku disebabkan atau diubah melalui praktek atau latihan.

Bower (1987:150)

Belajar kita dapat menunjukan adanya perubahan yang relatif dalam perilaku yang terjadi karena adanya beberapa pengalaman yang telah dialami dan juga latihan yang sudah dilakukan dalam waktu sebelumnya. Bower juga menjelaskan bahwa “Learning is a cognitive process” yang artinya Belajar adalah suatu proses kognitif. 

Disini Bower menjelaskan proses merupakan hal yang lebih penting dibandingkan hasil dari belajar itu sendiri.

Witherington (1952) 

Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimenifestikan sebagai perubahan pola-pola respon yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan.

Crow & Crow (1958) 

Belajar merupakan diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru.

Hilgard (1962) 

Belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul atau berubah akibat adanya respon terhadap suatu situasi.

Di Vesta dan Thompson (1970)

Belajar adalah perubahan perilaku yang relative menetap sebagai hasil dari pengalaman.

Jhames O. Whiteker 

Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan dan pengalaman. 

Burton 

Belajar adalah perubahan tingkah laku dari diri individu berkat adanya interaksi antar individu dengan individu dan individu dengan lingkungannya sehingga mereka dapat berinteraksi dengan lingkungannya.

Ahli Dari Dalam Negeri

Moh. Surya (1981:32) : Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

Notoadmodjo : Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup

Noehi Nasution : Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal.

Dimyati dan Mudjoyono (2013)

Menjelaskan bahwa belajar adalah terjadinya perubahan mental pada diri siswa.

Slameto (2010)

Menjelaskan bahwa belajar adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu pengetahuan tingkah laku yang baru, secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Imron (1996:2)

Menurut Imron, belajar didefinisikan sebagai sebuah perubahan tingkah laku dalam diri seseorang yang relatif menetap, karena bentuk hasil dari sebuah pengalaman.

Rusman (2015: 12)

Rusman menjelaskan bahwa belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.




LihatTutupKomentar